Sabtu, 01 Agustus 2015

Review BenQ XL2730Z


        Hai sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya Yogi di blog saya ini. Pada postingan saya yang kali ini, saya akan membagi informasi yang saya kutip dari website Gadget+ News. Yang akan dibahas adalah tentang Review BenQ XL2730Z. Silahkan Membaca :D 

    Sebuah monitor merupakan senjata yang paling penting bagi Sahabat yang menjadi para gamer enthusiast untuk menghadapi segala tantangan. Untuk meningkatkan kualitas bermain para gamer, BenQ menghadirkan produk andalannya, yakni BenQ XL Ultimate Gaming XL2730Z. Monitor seluas 27 inci ini menampakan dirinya untuk Tim Gadget+ uji kemampuan serta fitur yang telah memenangkan berbagai macam penghargaan ini.

1. Desain


       Walau tidak hadir dengan desain mewah, XL2730Z menawarkan bentuk yang kokoh, fituristik dan eye catching. Perpaduan warna hitam serta sedikit warna merah juga telah memantapkan tujuannya sebagai monitor bagi para gamer. Dengan monitor base, monitor berukuran 27 inci ini mampu menyajikan posisi atau sudut pandang yang sesuai dengan keinginan Sahabat. 

        Sahabat dapat mengatur ketinggian, sudut horizontal dan sudut vertikal monitor sesuai dengan tingkat kenyamanan Sahabat. Model flat yang diusungnya tak menggambarkan kesan jadul di tengah-tengah booming-nya curvedscreen saat ini.

     Pada bagian depannya, Sahabat menemukan tombol power, tepat di pojok kanan bawah. Saat menelusuri sisi kanan layar, Sahabat akan menemukan deretan tombol panel dari XL2730Z, pengaturan volume dan mode game dapat dilakukan melalui tombol-tombol tersebut. Pada sisi kanan layar, terdapat 3.5mm audio, Mini USB (input), USB passthrough/hub connector, dan Headset Stand yang berwarna merah menyala. Headset Stand bisa Sahabat manfaatkan dengan menekannya, lalu menariknya perlahan keluar.

      Sedangkan, untuk DVI-D (input), 2x HDMI (inc HDMI 2.0)(input), VGA (input), dan DisplayPort (input) akan dapat dijumpai pada bagian belakang layar, menghadap kebawah. Lubang pada leher monitor base sebagai jalur kabel power maupun HDMI, sehingga kesan rapih akan memanjakan Sahabat.

2. Display


      BenQ XL Ultimate esports Gaming Monitor XL2730Z kami akui telah memukau dan memanjakan mata kami. Dengan resolusi 2560x1440 (rasio 16:9), layar ini mampu menghadirkan gambar ber-scenes cepat dengan tetap fokus pada objek tertentu. Kami juga tidak perlu khawatir akan kesehatan mata saat bermain dengan jangka waktu yang cukup lama. 

       Warna hitam yang tampil pada layar saat bermain sebuah game bernuansa gelap, tetap hadir dengan detail dan tekstur yang hampir sempurna. Pada refresh rate 144HZ, monitor ini menampilkan karakter serta objek-objek tertentu dengan lebih kental dan dramatic.

   Walau tidak mencakup kemampuan 4K, namun XL2730Z telah menjawab kebutuhan gaming kami dengan kualitas Full HD-nya.

3. Performa


       BenQ dengan mantap memposisikan XL2730Z sebagai monitor gaming. Pihaknya telah menerapkan fast response time GTG hingga 1ms. Saat kami menggerakan suatu karakter, objek sasaran tetap dapat kami lihat tanpablur atau ghosting. Pengambilan waktu untuk menembak musuhpun semakin tepat.

        Bagi kami, layar ini sangat cocok jika digunakan untuk bermain game berkategori FPS. Target bergerak, efek ledakan, efek tembakan, dan gerakan karakter tak mempengaruhi gambar yang ditampilkan. Namun, dengan hadirnya 3 opsi game modeSahabat dapat menentukan 3 mode berbeda untuk memainkan game berkategori beda pula. BenQ menambahkan fitur FreeSync. Fitur tersebut memungkinkan screen tearing tanpa lag atau latency(objek tidak berbentuk dengan sesuai). Fitur ini akan dapat berjalan dengan maksimal saat dikolaborasikan dengan kartu grafik AMD Radeon.

       Adanya Low Blue Light memungkinkan kami untuk memandang layar dalam waktu yang cukup lama. Namun dengan penggunaan fitur ini, maka kualitas bermain pun tak semenarik tanpa penggunaan Low Blue Light. Walaupun demikian, fitur tersebut akan sangat cocok Sahabat gunakan dikala mata mulai lelah, namun rasa haus akan bermain masih tinggi.

4. Kelebihan dan Kekurangan


Kelebihan :

  • XL2730Z memiliki desain yang fituristik, sangat cocok bagi Sahabat para maniak game.
  • Waktu respon 1ms GTG memberikan pengalaman yang sangat baik tanpa sensasi ghosting.
  • Opsi Low Blue Light sangat memanjakan dan membuat nyaman mata untuk waktu bermain yang cukup lama.
Kekurangan :

  • Hanya tersedia kabel HDMI, cukup menyulitkan tanpa adanya kabel DVI
  • Dari 60Hz ke 144Hz hanya tersedia bagi para pengguna AMD, hal itu dikarenakan fitur Freesync yang tersaji.

5. Kesimpulan


       Bagi para gamer enthusiast, banyak senjata yang dibutuhkan dalam menunjang kualitas serta sensasi bermain game. Layar monitor adalah senjata utama dari para gamer tersebut, maka pemilihan layar monitor haruslah dipilih secara baik dan benar.

        BenQ yang menawarkan XL2730Z patut diperhitungkan. Dengan segala fitur yang tersemat di dalam monitor seluas 27 inci tersebut, maka Sahabat para gamer akan merasakan sensasi yang berbeda dalam bermain game. Desain yang dimilikinya pun cukup untuk membuat ruang bermain game Sahabat semakin kental. Nampaknya, 4K masih belum menjadi poin utama dalam pemilihan sebuah layar monitor, karena XL2730Z yang hanya mengadopsi Full HD telah menjawab kebutuhan Tim Gadget+ dalam menghadapi tantangan yang ada di dalam game.

        Semoga postingan saya yang satu ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk buka posting yang lain ya! Sampai jumpa sahabat blogger :D

Sumber : Gadget+ News


Photo Credit : Gadget+ News

1 komentar: