Minggu, 02 Agustus 2015

5 Alasan Untuk Tidak Melakukan Jailbreak Berserta Cara Menghilangkan Jailbreak (Unjailbreak)

Credit : Gadget+ News
        Hai sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya Yogi di blog saya ini. Pada postingan saya yang kali ini, saya akan membagi informasi yang saya kutip dari website Gadget+ News. Yang akan dibahas adalah tentang 5 alasan bagi Sahabat untuk tidak melakukan Jailbreak. Silahkan Membaca :D


        Setelah beberapa waktu yang lalu Saya telah memposting tentang alasan untuk melakukan Jailbreak, kali ini saya akan membahas alasan untuk tidak melakukan Jailbreak.


    Bagi Sahabat para pengguna iPhone (atau iPad), tentunya tidak asing dengan kata Jailbreak. Jailbreak merupakan cara bagi mereka yang mencari kebebasan dalam menggunakan produk Apple tersebut.

    Walau Sahabat akan mendapatkan akses yang lebih dalam menjelajahi, mengoperasikan atau menginstal aplikasi, kerugian serta sisi negatifpun harus Sahabat terima dengan lapang dada. Efek buruk yang ditanggung para Jailbreaker pun tak tanggung-tanggung. Dan hal itu bisa dijadikan alasan untuk tidak melakukan Jailbreak pada Apple device Sahabat.

     Inilah 5 alasan untuk tidak "memperkosa" iPhone (atau iPad), Tim Gadget+ kutip dari TechHive, Rabu (29/7/2015).

1. Kehilangan Garansi

Credit : Gadget+ News
        Bagi para Jailbreaker, tindakan men-Jailbreak iPhone atau iPad mereka merupakan tindakan yang legal. Penilaian tersebut didasarkan pada kewajiban mereka membayar sejumlah uang untuk memiliki produk-produk Apple tersebut.

       Akan tetapi, bagi pihak Apple tindakan tersebut tetaplah ilegal. Apple mengklaim, mereka telah menciptakan sebuah hardware dan software yang aman dan nyaman bagi para penggunanya. Pihaknya juga telah memperingatkan, dengan men-Jailbreak produk mereka sistem keamanan yang ada didalamnya tidak akan bekerja dengan sempurna.

     Peringatan yang Apple lontarkan tersebut dibarengi kesepakatan dengan para penggunanya, yakni bagi mereka yang melakukan Jailbreak harus rela untuk kehilangan garansi resminya.

2. Bricking Akan Menghantui Sahabat

Credit : Gadget+ News
       Jailbreak adalah tindakan paksa dalam mengubah software yang telah ditetapkan sebelumnya. sebagaimana halnya sebuah pemaksaan, maka tidak akan selamanya berjalan sesuai harapan. Dan Bricking adalah efek negatif lain yang akan mengancam perangkat Apple Sahabat.

        Bricking membuat iPhone atau iPad Sahabat tidak dapat digunakan. Menghapus data secara keseluruhan adalah satu-satunya jalan untuk bisa kembali menggunakan perangkat Apple Sahabat. Walau terdengar mudah, ada baiknya untuk menjadikan Bricking sebagai alasan dewasa sebelum melakukan tindakan Jailbreak.

3. Perangkat Sahabat Akan Dipenuhi Bugs

Credit : Gadget+ News
       Bagi beberapa Jailbreaker, Bug telah menjadi santapan mereka sehari-hari. Lambatnya waktu dalam memperbaiki bugs yang tercipta dari developer pihak ketiga akan semakin memperparah keadaaan.

      Contoh nyata bug yang terjadi adalah hilangnya fungsi FaceTime dan MMS pada iPhone. Komplain ini telah dilontarkan oleh banyak Jailbreaker. Hal itu biasanya disebabkan oleh tools yang digunakan dalam men-jailbreak perangkat mereka. Salah satu tools yang dikenal dapat menghasilkan bugs tersebut adalah Jailbreakme.

4. Ancaman Security

Credit : Gadget+ News
   Berdasarkan laporan dari MacRumors, jailbreak akan memperluas jalan bagi para hacker untuk meretas perangkat Sahabat. Walau sistem operasi Sahabat berbasiskan iOS yang closed source, namun cita rasanya akan menjadi open source seperti Android.

        Terlebih sistem keamanan yang disediakan oleh Apple sebelumnya akan menjadi lebih renggang, atau malah menghilang. Perangkat Sahabat layaknya sebuah rumah yang tak tertutup pintu, sehingga memungkinkan semua orang untuk masuk ke dalam.

Apa Sahabat rela rumah Sahabat dimasuki sembarang orang hanya demi kebebasan semu?

5.  Ketinggalan Update iOS

Credit : Gadget+ News
       Men-Jailbreak perangkat Sahabat akan seperti bermain kucing-kucingan. Update yang dikeluarkan pihak Apple terhadap iOS tidak akan bisa langsung Sahabat nikmati. Jika Sahabat memaksa untuk melakukan update, maka tindakan jailbreak terhadap device Sahabat akan lenyap.

     Sahabat bisa saja untuk menunggu untuk tools Jailbreak cocok dengan update dari Apple. Akan tetapi, bersiaplah untuk menunggu selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan.

       Setelah membaca postingan saya ini Sahabat menyesal melakukan Jailbreak? Ini cara menghilangkannya :

Credit : Gadget+ News
     Setelah membaca informasi dari Tim Gadget+, tak menutup kemungkinan bagi Sahabat para Jailbreaker menyesal telah men-jailbreak device Sahabat. Jangan Khawatir, kami telah menyiapkan pula cara Unjailbreak perangkat Sahabat.

    Bagi Sahabat yang ingin mengembalikan iPhone atau iPad Sahabat menjadi normal (default dari Apple), cukup hubungkan perangkat Sahabat ke iTunes. Selanjutnya, lakukan backup terlebih dahulu dengan memilih "Backup From iTunes". Lalu, silahkan pilih "Restore Phone", maka dalam hitungan menit perangkat Apple Sahabat akan kembali menjadi default.

       Semoga postingan saya yang satu ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk buka posting yang lain ya! Sampai jumpa sahabat blogger :D

Sumber : Gadget+ News dengan beberapa perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar