Rabu, 29 Juli 2015

Ponsel OnePlus 2 Resmi Dirilis


        Hai sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya Yogi di blog saya ini. Pada postingan saya yang kali ini, saya akan membagi informasi yang saya kutip dari website Gadget+ News. Yang akan dibahas adalah tentang perilisan ponsel besutan OnePlus yaitu OnePlus 2 pada tanggal 28 Juli 2015. Penasaran?? Silahkan Membaca :D 
        Ponsel yang paling diantisipasi tahun ini, OnePlus 2, akhirnya resmi diumumkan. Setelah berminggu-minggu membangun “hype” untuk OnePlus 2, pada tanggal 11 Agustus nanti, OnePlus akan melepas “flagship killer” tersebut ke sejumlah pasar dengan harga $389 Rp 5,2 jutaan.
Dari segi hardware, OnePlus 2 hadir dengan:
  • Snapdragon 810
  • GPU Adreno 430
  • Display in-cell 1080p seluas 5,5 inci
  • Kamera utama 13MP dengan  OIS dan laser-focus
  • RAM DDR4 4GB
  • Ruang penyimpanan internal 64GB
  • Pemindai sidik jari
  • USB Type-C
  • Baterai berkapasitas 3300mAh
        Dari spesifikasi, yang menarik untuk diulas adalah penggunaan chipset Snapdragon 810, Kamera 13MPnya yang dibandingkan dengan kamera iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6, RAM DDR4 4GB, serta USB Type-C. Dari chipset, cukup kontroversial ketika diketahui bahwa OnePlus 2 menggunakan chipset Snapdragon 810 dimana chipset ini memiliki masalah overheat. Baik di Sony Xperia Z3+ maupun HTC One M9. Bahkan chipset ini mempunyai performa buruk di Xperia Z3+ seperti pada postingan saya lainnya yaitu:

Gara-gara Panas Berlebih Chipset Snapdragon 810, Kamera Xperia Z3+ Alami Crash

Namun pihak OnePlus mengatakan bahwa Snapdragon 810 yang mereka gunakan adalah chipset yang telah disempurnakan oleh Qualcomm sehingga masalah overheat tidak terjadi.

        Dari kamera. Walaupun 13MP sudah terasa "biasa". Namun berkat OIS dan laser-focus nya membuat kamera OnePlus 2 luar biasa. Bahkan OnePlus berani membandingkan hasil jepretan OnePlus 2 dengan iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6 di postingan berikut saya ini:

Perbandingan Hasil Kamera OnePlus 2 dengan iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6 

Dari segi RAM, sejak gebrakan Asus Zenfone 2 dengan RAM 4GBnya, vendor lain sudah mulai ikut membuat smartphone dengan RAM 4GB. Salah satunya OnePlus 2. Tapi OnePlus 2 ini menggunakan RAM 4GB yang DDR4. Artinya RAM 4GB akan berlari lebih kencang dibandingkan RAM 4GB Zenfone 2 yang masih DDR3. Bisa dibayangkan bagaimana cepatnya ponsel ini. Di Zenfone 2 saja perfomanya sudah luar biasa dengan RAM 4GB DDR3. Lalu dari segi kabel data dan charger, OnePlus 2 menggunakan USB Type-C dengan kabel pipih yang anti lusut. Kabel pipih ini juga mulai menjadi primadona bagi sebagian oran (termasuk saya) karena tidak mudah lusut. Saya tidak akan menjelaskan tentang USB Type-C karena sudah saya jelaskan di postingan saya berikut:

Penjelasan USB Type-C


        OnePlus 2 pun hadir dengan desain yang telah disempurnakan. Ia memiliki tombol-tombol logam yang dapat dikustomisasi dan bezel berbahan magnesium. Penutup belakang perangkat dapat bersifat removable dan tersedia dalam berbagai material seperti Black Apricot, Kevlar, Bamboo, Rosewood atau Sandstone Black. Berikut ini adalah beberapa foto dari cover belakang OnePlus 2.


Sandstone Black (Original Cover)

Rosewood

Black Apricot

        OnePlus 2 dilengkapi dengan sebuah slider pengingat yang dapat digunakan untuk menyetel notifikasi. Display 1080p pada OnePlus 2 berbeda dari OnePlus One. Ia dipilih untuk menjaga daya baterai. Dari segi software, OnePlus 2 berjalan di atas sistem operasi OxygenOS berbasis Android Lollipop. OnePlus telah membenamkan beberapa peningkatan software untuk mendukung beberapa fitur seperti kamera 13MP dan pemindai sidik jari. Kabarnya juga, OnePlus 2 ini akan juga dibenamkan fitur fitur Android M walaupun kebenarannya masih belum dapat kita konfirmasikan. Bagi yang belum tahu, OxygenOS adalah sistem operasi buatan OnePlus yang berbasis Android dengan beberapa kustomisasi yang dilakukan oleh OnePlus. Sistem OxygenOS merupakan sistem operasi pengganti CyanogenMod yang dulunya menjadi sistem operasi andalan OnePlus yang dibenamkan di OnePlus One sebelum hubungan antara OnePlus dan CyanogenMod retak.

        Sahabat tertarik memilikinya? Jika iya, sahabat dapat datang event pop up experience yang akan digelar di Conclave pada tanggal 31 Juli 2015 untuk memperoleh undangan dan menjadi salah satu yang pertama di Indonesia untuk melihat OnePlus 2. Sahabat juga bisa mengikuti akun media sosial OnePlus mulai tanggal 1 Agustus 2015 untuk kesempatan penerimaan undangan pemesanan OnePlus 2.

        Semoga postingan saya yang satu ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk buka posting yang lain ya! Sampai jumpa sahabat blogger :D

Sumber  : Gadget+ News dengan beberapa tambahan

Photo Credit : http://www.trenologi.com dan www.androidauthority.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar