Sabtu, 21 November 2015

PC Pertama di Dunia Dijual Seharga 496 Juta

Photo by : Gadget+ News
       Hai Sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya Yogi di blog saya ini. Pada postingan saya yang kali ini, saya akan membagi informasi yang saya kutip dari website Gadget+ News. Yang akan dibahas adalah tentang PC Pertama di Dunia. Silahkan Membaca :D



       Tahukah Sahabat? Kenbak-1 adalah salah satu komputer pribadi (PC) komersil pertama di dunia. Ia dirilis pada tahun 1971, lebih dulu dibanding Apple I dan Altair 8800. 44 tahun kemudian, satu unit Kenbak-1 masuk pelelangan dan akhirnya terjual dengan harga $31.000 atau sekitar 496 juta rupiah.

Kenbak-1 adalah buah pikiran insinyur komputer John Blankenbaker yang pada tahun 1971 mendirikan Kenbak Corporation di Amerika Serikat untuk memasarkan komputer murah untuk sekolah.

Berbobot 6,3 kg, Kenbak-1 dibungkus di dalam bodi poligonal berbahan metal. Tanpa prosesor, Kenbak-1 hanya mengandalkan RAM sebesar 256 byte.

Kenbak-1 diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, yakni tidak lebih dari 50 unit. Sudah pasti bahwa ia merupakan penggalan sejarah di dunia komputasi. Maka tidak heran jika harga lelangnya sangat tinggi.

       Demikian, semoga postingan saya yang satu ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk buka posting yang lain ya! Sampai jumpa sahabat blogger :D

Sumber : Gadget+ News dengan beberapa perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar