Rabu, 25 November 2015

5 Fitur Android Marshmallow yang Tidak Dimiliki Lollipop

Photo Credit : Gadget+ News
       Hai Sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya Yogi di blog saya ini. Pada postingan saya yang kali ini, saya akan membagi informasi yang saya kutip dari website Gadget+ News. Yang akan dibahas adalah tentang 5 Fitur Android Marshmallow yang Tidak Dimiliki Lollipop. Silahkan Membaca :D



       Secara tampilan, Android Marshmallow tidak jauh berbeda dari Lollipop. Namun, ada sejumlah fitur pada Marshmallow yang tidak dapat ditemukan pada Lollipop. Berikut ini 5 di antaranya.

1. Memonitor Penggunaan Memori

 
     Pada Android, Google menyediakan informasi yang lebih menyeluruh tentang ruang penyimpanan internal, penggunaan baterai dan lain-lain. Untuk Android Marshmallow, detail mengenai memori perangkat Sahabat telah disertakan. Ini dapat diakses di dalam menu Memory di aplikasi Settings.

      Di dalam Memory, Sahabat dapat melihat rata-rata memori yang digunakan keseluruhan serta aplikasi mana yang memiliki porsi besar dalam penggunaannya. Sahabat pun dapat menentukan rentang waktu untuk statistiknya, baik itu 3, 6, 12 atau 24 jam.

2. Jadikan Pemindai Sidik Jari Sebagai Sistem Keamanan

 
    Dewasa ini, pemindai sidik jari sudah menjadi norma bagi produsen ketika akan meluncurkan smartphone Android. Android 6.0 Marshmallow menandakan kehadiran dukungan pemindai sidik jari di dalam inti sistem operasi untuk pertama kalinya.

        Seperti pada iPhone, Sahabat dapat menggunakan fitur baru itu untuk membuka kunci layar perangkat, melakukan pembayaran lewat Android Pay, dan masih banyak lagi. Bahkan transaksi di Play Store pun telah mendukung otorisasi menggunakan sidik jari.

3. Mengatur Volume dengan Lebih Intuitif

 
        Android Marshmallow memiliki sistem pengaturan volume yang lebih komprehensif dan intuitif. Setel volume ke angka nol melalui tombol perangkat akan secara otomatis mengaktifkan “quiet mode.” Sahabat pun dapat mengetuk panah bawah untuk menyesuaikan seluruh jenis volume, seperti volume dering, volume media, dan volume alarm.

      Jika Sahabat mengetuk tombol “Do Not Disturb” pada panel pengaturan cepat untuk memilih opsi sunyi, hanya alarm dan Priority Mode.

4. Doze

 
    Doze adalah sistem pengelolaan baterai yang diperkenalkan pertama kali lewat Marshmallow. Fitur ini dapat membuat perangkat Sahabat “tertidur” ketika Sahabat tidak menggunakannya.

       Dengan Doze, perangkat Sahabat bakal tahu ketika ia sedang tidak digunakan dalam waktu yang lama—ketika Sahabat tidur, misalnya. Dalam keadaan ini, Doze akan memotong tugas belakang latar dan memperpanjang jeda waktu perangkat memeriksa pembaruan. Kendati pun, pesan dan panggilan telepon tetap masuk dan ditampilkan.

5. Browser di Dalam Aplikasi

 
      Fitur ini sebenarnya ditujukan bagi pihak developer, namun pengguna umum dapat merasakan manfaatnya. Fitur baru Marshmallow yang disebut “Chrome Custom Tabs” memudahkan aplikasi menampilkan website tanpa harus melemparnya ke browser Chrome.

        Dengan demikian, Sahabat akan mendapatkan akses ke seluruh fitur standar Chrome seperti menyimpan password dan menandai halaman sebagai favorit.

       Demikian, semoga postingan saya yang satu ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk buka posting yang lain ya! Sampai jumpa sahabat blogger :D

Sumber : Gadget+ News dengan beberapa perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar