Jumat, 22 Mei 2015

Tak Lama Lagi Furnitur Bisa Isi Daya Smartphone dan Tablet Anda!





Pernah berangan-angan furnitur yang ada di rumah Anda dapat melakukan hal canggih seperti mengisi daya baterai smartphone atau tablet Anda? Tampaknya khayalan Anda tersebut segera jadi kenyataan. Ikea, produsen furnitur multinasional, akan menghadirkan seri furnitur “Home Smart” pada tahun ini.
Apa istimewanya furnitur yang masuk ke dalam kategori Home Smart? Menurut Ikea, furnitur-furnitur tersebut memiliki teknologi Qi yang lazim digunakan sebagai standar wireless charging (pengisian daya nirkabel).. Perangkat yang mendukung Qi akan mengonversi medan elektromagnetik yang tersemat di dalam furnitur menjadi energi untuk mengisi daya baterai.
Home Smart terdiri dari furnitur seperti meja samping tempat tidur, lampu dan meja tulis. Furnitur-furnitur tersebut kemudian disambungkan ke sumber listrik agar teknologi Qi di dalamnya dapat bekerja. Anda pun tinggal menaruh perangkat Anda di atas furnitur tersebut agar baterainya terisi dan itu dapat dilakukan tanpa kabel.
“Kami percaya bahwa telepon seluler adalah bagian yang vital dalam hidup orang-orang di rumah dan keinginan mereka untuk selalu terhubung, dan Qi menjawab kebutuhan untuk menjaga agar baterai perangkat-perangkat tersebut selalu terisi,” ungkap Bjorn Block, manager lighting and wireless charging Ikea.
Sayangnya, pada saat ini belum terlalu banyak perangkat yang mendukung teknologi Qi. Samsung Galaxy S6, Nexus 6 dan beberapa Nokia Lumia mungkin bisa memetik manfaat dari Home Smart, namun pengguna iPhone, bahkan iPhone 6, masih belum beruntung. Furnitur Home Smart akan diluncurkan mulai di wilayah Amerika Utara, Eropa lalu disusul ke wilayah-wilayah lain di seluruh dunia.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar