Kamis, 26 November 2015

Tips Menemukan Smartphone Android, iOS, Windows Phone yang Hilang

Photo Credit : Gadget+ News 
       Hai Sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya Yogi di blog saya ini. Pada postingan saya yang kali ini, saya akan membagi informasi yang saya kutip dari website Gadget+ News. Yang akan dibahas adalah tentang Tips Menemukan Smartphone Android, iOS, Windows Phone yang Hilang. Silahkan Membaca :D

   Setiap orang mungkin pernah mengalami kehilangan ponsel. Seiring dengan perkembangan teknologi, tersedia langkah-langkah yang dapat Sahabat lakukan untuk menemukan ponsel, terutama smartphone, yang hilang.

      Smartphone yang menjalankan iOS, Android, dan Windows Phone telah dilengkapi dengan piranti lunak (software) yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan perangkat. Pada kesempatan kali ini, kami menyediakan tips untuk menemukan smartphone Sahabat yang hilang berdasarkan sistem operasi yang dijalankan.

1. iOS

       Langkah terbaik untuk menemukan iPhone Sahabat yang hilang adalah melalui fitur yang telah Apple sediakan, yakni Find My iPhone. Fitur berbentuk aplikasi itu dapat menampilkan perangkat hilang Sahabat dalam sebuah peta agar Sahabat dapat mengetahui keberadaannya.

      Untuk meluncurkan fitur ini, Sahabat butuh sebuah komputer atau iPhone lain yang memiliki aplikasi Find My iPhone. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia ketika ponsel Sahabat menyala dan terhubung ke internet.

      Untuk melanjutkan, masuklah ke dalam akun iCloud dan buka fitur Find My iPhone. Ia kemudian akan memperlihatkan lokasi terakhir perangkat Sahabat pada sebuah peta. Ia juga menyediakan sejumlah pilihan yang memungkinkan Sahabat untuk membunyikan perangkat Sahabat itu, mengirim sebuah pesan kehilangan, atau menghapus seluruh konten yang ada dalam perangkat.

     Find My iPhone juga dapat digunakan untuk melacak lokasi Mac, iPod, dan iPad. Ia merupakan sebuah alat yang efektif untuk perangkat iOS. Banyak orang menemukan kembali iPhone mereka yang hilang berkat fitur ini.

2. Android

      Android punya layanan khusus dari Google untuk menemukan dan mengelola perangkat dari jarak jauh, yakni Android Device Manager. Fitur ini telah tertanam di dalam ponsel Android Sahabat melalui Google Play Service. Tinggal ketik “where is my phone” pada kolom pencarian Google dan Google pun akan mencarikan ponsel Sahabat dengan menampilkan lokasi pada sebuah peta.

       Sahabat pun dapat membunyikan perangkat melalui Device Manager, juga menyetel kata sandi baru, dan lain-lain. Layanan itu menggunakan WiFi dan GPS pada perangkat untuk mencari kemana perangkat itu pergi.

 Jika Sahabat tidak dapat menemukan perangkat hilang SahabatSahabat dapat menghapus seluruh konten yang ada di dalamnya untuk menghindari informasi pribadi jatuh ke tangan yang salah. Tentu saja ini semua hanya dapat dilakukan jika perangkat yang dimaksud menyala dan terhubung ke internet.

       Selain Android Device Manager, ada sejumlah aplikasi pihak ketiga yang dapat Sahabat pasang dari jarak jauh untuk menemukan ponsel Sahabat. Lookout Security dan Cerberus Anti-theft adalah contoh aplikasi yang unggul dalam hal ini. Fiturnya bahkan lebih canggih dibanding Device Manager. 

3. Windows

  Jika Sahabat pemilik perangkat Windows Phone, jangan khawatir. Jika Sahabat perangkat Sahabat hilang dan sulit ditemukan, Sahabat pun dapat melacak keberadaannya dengan bantuan layanan yang sudah ada di dalam sistem operasi perangkat.

       Ya, Microsoft telah membenamkan sebuah fitur pencari perangkat hilang ke dalam Windows Phone 8.1 atau lebih. Ini memungkinkan pengguna menemukan lokasi perangkatnya dan membunyikan nada deringnya. Seperti layanan pada Android dan iOS, fitur ini hanya dapat bekerja jika perangkat yang hilang itu menyala dan terhubung ke internet.

    Yang Sahabat perlu lakukan adalah mengunjungi halaman perangkat Microsoft di https://account.microsoft.com/devices. Di sana Sahabat dapat melihat seluruh perangkat yang terhubung dengan akun Microsoft SahabatSahabat dapat mengunci ponsel dan menghapus seluruh data yang ada di dalamnya dari jarak jauh jika Sahabat pikir perangkat Sahabat telah jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

       Demikian, semoga postingan saya yang satu ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk buka posting yang lain ya! Sampai jumpa sahabat blogger :D

Sumber : Gadget+ News dengan beberapa perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar