Jumat, 22 Mei 2015

Era USB Type-C Sudah Tiba

    Hai sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya Yogi di blog saya ini. Pada postingan saya yang kali ini, saya akan membagi informasi yang saya kutip dari website Gadget+ News. Yang akan dibahas adalah tentang . Silahkan Membaca :D 


     MacBook 12 inci terbaru yang diperkenalkan oleh Apple awal pekan ini hadir dengan sejumlah teknologi mutakhir, salah satunya adalah port USB jenis baru yakni USB Type-C. Lewat lubang USB tersebut, Anda dapat mengisi daya MacBook, mentransfer data atau memproyeksi video ke luar perangkat. 
    Sebagian dari kita mungkin merasa lebih familiar dengan port USB Type-A yang ada pada sebagian besar perangkat PC dan port USB Micro-B yang umum ditemui pada smartphone dan tablet Android. Di masa depan nanti, port USB tipe lama tersebut segera diganti oleh USB Type-C. Google bahkan menjamin bahwa USB Type-C ini akan jadi standar perangkat Android di masa yang akan datang.

Berikut ini segala hal yang perlu Anda ketahui tentang USB Type-C.

Bentuk

    USB Type-C adalah konektor termutakhir yang berukuran lebih kecil namun lebih cepat dibanding tipe USB A, namun sedikit lebih besar dibanding micro USB. Uniknya, USB Type-C memiliki bentuk yang bersifat “reversible” atau dapat dibolak-balik. Ini berarti Anda tidak perlu memeriksa apakah posisi kabel yang Anda hubungkan dengan perangkat sudah benar.

Kemampuan

    Karena sifatnya yang bolak-balik, proses pengisian daya lewat port USB Type-C berjalan lebih cepat. Ia dapat mengantarkan daya yang cukup besar hingga 20V pada daya 100W. Tidak hanya itu, USB Type-C pun dapat mentranfer data dengan cepat hingga 10Gbps, dua kali lebih cepat dibanding standar USB 3.0 yang ada saat ini.

Perangkat apa saja yang sudah mendukung USB Type-C

    Karena masih relatif baru, belum banyak perangkat yang mendukung USB Type-C. Di samping MacBook terbaru, perangkat lain yang sudah menggunakan USB Type-C adalah tablet Nokia N1 dan laptop Google Chromebook Pixel. Di sisi lain, SanDisk pun mengenalkan flash drive USB Type-C pertamanya yang juga didukung oleh USB Type-A agar tetap kompatibel dengan perangkat yang belum memiliki port USB Type-C.
    Begitu terbatasnya perangkat yang mendukung USB Type-C mungkin bisa dilihat sebagai kekurangan. Namun hal ini tentu hanya berlangsung sementara. Di masa depan nanti USB Type-C lah yang mungkin akan menjadi norma.

    Semoga postingan saya yang satu ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk buka posting yang lain ya! Sampai jumpa sahabat blogger :D

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar