Jumat, 22 Mei 2015

Apple Watch Beserta Spesifikasi dan Fitur nya



        Hai sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya Yogi di blog saya ini. Pada postingan saya yang kali ini, saya akan membagi informasi yang saya kutip dari website Gadget+ News. Yang akan dibahas adalah tentang Wearable Gadget pertama keluaran Apple yaitu jam tangan pintar atau smartwatch. Smartwatch keluaran apple ini dinamakan Apple Watch. Ada tiga varian dari Apple Watch. Penasaran? Silahkan Membaca :D



    Apple Watch telah resmi sapa publik pada tanggal 9 Maret 2015 lewat sebuah live event di San Francisco, Amerika Serikat. Pertama kali diperkenalkan kepada khalayak pada bulan September 2014 lalu, banyak hal yang telah kita ketahui tentang smartwatch pertama Apple ini. Namun, di live event tanggal 9 Maret lalu, Apple mengungkap semua hal tentang Apple Watch, mulai dari tanggal pemesanan, tanggal pemasaran, harga, varian yang tersedia, aplikasi bawaan, fitur hingga kekuatan baterainya.

1. Bandrol Harga

    Banderol Apple Watch berkisar dari $349 (setara dengan Rp 4,5 jutaan) hingga $10.000 (setara dengan 130 jutaan).

    Di atas panggung live event Apple pada 9 Maret lalu, Tim Cook menjuluki Apple Watch sebagai “perangkat Apple yang paling personal yang ada”. Dengan banderol harganya, pantas rasanya untuk menyebut Apple Watch sebagai perangkat termahal Apple yang ada saat ini.

2. Varian

    Dibanding produk Apple lain, Apple Watch merupakan perangkat yang variatif dengan begitu banyak pilihan tersedia untuk konsumen. Ada tiga kategori Apple Watch: Apple Watch Sport, Apple Watch dan Apple Watch Edition. Ketiganya sama-sama menawarkan dua ukuran casing yakni 38mm dan 42mm, namun material dan finish yang tersedia sangat bervariasi, begitu pula talinya.


    Apple Watch Sport memiliki finish dari aluminum dan hadir dalam pilihan warna space gray dan silver. Display Watch Sport dilindungi oleh kaca khusus yang digunakan pada iPhone. Apple Watch Sport akan dipasarkan dengan tali sport berbahan plastik karet dengan berbagai macam pilihan warna. Apple Watch Sport adalah pilihan dengan banderol harga yang paling rendah, yakni $349 untuk ukuran 38mm dan $399 untuk ukuran 42mm.

    Sementara itu, Apple Watch dilengkapi dengan casing stainless steel yang tersedia dalam warna silver mengilap dan space black glossy. Varian ini hadir dengan display berlapis kaca kristal safir yang menjadikannya tahan terhadap goresan. Tali untuk Apple Watch meliputi tali sport seperti Apple Watch Sport, tali kulit, atau tali stainless steel. Pilihan tali ini dapat memengaruhi banderol harga yang ada di kisaran $549 hingga $1049 untuk ukuran 38mm dan di kisaran $599 hingga $1099 untuk ukuran 42mm.

    Di sisi lain, Apple Watch Edition menggunakan lapisan kristal safir untuk melindungi display-nya. Ia hadir dalam balutan emas 18 karat dan tali eksklusif yang meliputi tali dengan bahan kulit atau tali sport dengan bagian pengait terbuat dari emas 18 karat. Varian ini merupakan yang paling mewah dibanding varian Apple Watch lain, dengan banderol harga di kisaran $10.000 atau lebih.

3. Aplikasi Bawaan

    Selain dapat menunjukkan waktu, Apple Watch pun dapat melakukan banyak hal termasuk mengubah tampilan wajahnya, menjadi alarm alternatif, menunjukkan ramalan cuaca, menunjukkan waktu matahari terbit dan terbenam, menjadi pengingat, penunjuk arah, kalender dan sebagainya. Ini semua dapat dilakukan berkat aplikasi yang tertanam di dalam Apple Watch.

    Ada aplikasi kalender, peta, dan pengingat yang dapat menunjukkan dan mengingatkan Anda akan jadwal pertemuan atau acara Anda selanjutnya. Tersedia pula aplikasi telepon dan pesan yang memungkinkan Anda menerima atau menolak panggilan atau merespon pesan langsung pada pergelangan tangan Anda. Anda pun dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda membuka kunci hotel Anda, berbincang lewat WeChat, atau melihat foto Instagram.
 

4. Fitur


    Apple telah membenamkan sejumlah fitur pada Watch agar perangkat ini dapat berperan sebagai perpanjangan tangan dari iPhone. Beberapa fitur Watch meliputi sensor pemindai detak jantung, dukungan Bluetooth untuk menghubungkan Watch dengan aksesoris lain, dan crown digital yang memungkinkan Anda mengendalikan Watch tanpa perlu menyentuh display. Siri pun dapat ditemukan di dalam Apple Watch untuk memandu Anda menyelesaikan aktivitas-aktivitas pada smartwatch Anda. Ia dapat dipanggil melalui kendali digital crown. Apple Watch pun telah dilengkapi dengan Apple Pay yang memungkinkan Anda membayar belanjaan hanya dengan menyentuhkan Watch pada sebuah alat (baru berlaku di Amerika Serikat).


5. Ketahanan baterai


    Ketika diperkenalkan pada bulan September lalu, banyak yang bertanya-tanya mengenai ketahanan baterai Apple Watch. Sebuah informasi yang pernah beredar menyebutkan bahwa kinerja baterai Apple Watch akan mengecewakan pengguna. Kini, Apple mengklaim bahwa ketahanan baterai Watch masih ada di level yang masuk akal, setidaknya ia dapat bertahan hidup selama 18 jam pada penggunaan normal. 



6. Peluncuran global


    Hingga saat ini, Apple belum mengeluarkan pernyataan apa pun terkait peluncuran global Apple Watch. Kapan Apple Watch akan diluncurkan di luar wilayah AS dan berapa harganya masih belum diketahui. Untuk ini sepertinya kita yang ada di Indonesia harus menunggu lebih lama lagi, mengingat iPhone 6/6 Plus yang diluncurkan pada bulan September pun baru mendarat di Tanah Air pada bulan Februari lalu.

    Semoga postingan saya yang satu ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk buka posting yang lain ya! Sampai jumpa sahabat blogger :D

All Photo by : Gadget+ News


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar