Kamis, 12 Maret 2015

Daftar Maskapai Paling Tidak Aman di Dunia, Empat Maskapai Indonesia Termasuk

       Situs escapehere.com, sebuah situs mengenai perjalanan wisata, baru-baru ini merilis daftar maskapai penerbangan yang dianggap paling tidak aman untuk diterbangi di seluruh dunia. Dari 13 maskapai penerbangan yang masuk kategori tersebut, sayangnya terdapat 4 maskapai asal Indonesia yang berada di dalam daftar.

    Kam Air, maskapai asal Afghanistan, sekali lagi menjadi maskapai penerbangan yang dianggap paling tidak aman di dunia. Tingkat kecelakaan yang tinggi membuat maskapai ini dilarang untuk terbang ke wilayah Uni Eropa dan juga Amerika.

       Maskapai yang berulang kali memecahkan rekor pembelian pesawat, Lion Air, bertengger di urutan 4 maskapai yang dianggap paling tidak aman. Situs tersebut yang mencatat data dari airlineratings.com, yaitu situs yang khusus menyoroti keamanan maskapai penerbangan di seluruh dunia, mengatakan dengan 8 insiden serius, termasuk jatuhnya salah satu pesawat di ujung landasan pacu di Bandara Bali, membuat maskapai milik Rusdi Kirana ini masuk di dalam daftar.

       “Tidak mengherankan Lion Air hanya mendapat satu bintang dalam soal keamanan penerbangan dari airlineratings.com, dan sepertinya akan bertahan lama dengan satu bintang tersebut kecuali perubahan drastis dilakukan,” ujar escapehere.com dalam artikel tersebut.

       Maskapai asal Indonesia lainnya yang masuk dalam daftar adalah Merpati. Maskapai yang telah berhenti beroperasi ini mencatatkan lebih dari 6 insiden serius dengan lebih dari 50 korban jiwa selama satu dekade terakhir.

       Susi Air, maskapai penerbangan perintis yang banyak beroperasi di wilayah Papua, juga berada di dalam daftar ini. Selain dilarang untuk terbang ke Uni Eropa, personel Kedutaan Amerika juga dilarang untuk melakukan penerbangan dengan maskapai ini.

       Satu maskapai lain asal Indonesia yang juga masuk ke dalam daftar adalah Sriwijaya Air. Maskapai milik Chandra Lie ini mendapatkan status bintang dua dari airlineratings.com akibat beberapa insiden yang terjadi. Walaupun memiliki armada besar, rata-rata umur pesawat di maskapai ini adalah 24 tahun. Escapehere.com menyarankan dengan pembaharuan armada dan ikut sertanya maskapai ini dalam audit keselamatan internasional akan meningkatkan rating keamanan maskapai ini.

Berikut daftar maskapai yang dianggap paling tidak aman tersebut :
1. Kam Air asal Afghanistan
2. SCAT Airlines asal Kazakhstan
3. Nepal Airlines asal Nepal
4. Lion Air asal Indonesia
5. Tara Air asal Nepal
6. Bluewing Airlines asal Suriname
7. Ariana Afghan Airlines asal Afghanistan
8. Daallo Airlines asal Somalia
10. Merpati Airlines asal Indonesia
11. Susi Air asal Indonesia
12. Air Bagan asal Myanmar
13. Sriwijaya Air asal Indonesia
14. Yeti Airlines asal Nepal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar