Selasa, 14 April 2015

Daftar 10 Vendor Smartphone Asal China yang Siap Mendominasi Dunia

Photo credit : fetihshare.blogspot.com

       Beberapa tahun ke belakang, pasar smartphone dunia menyaksikan kebangkitan vendor-vendor asal Cina. Dikenal dengan produk-produknya yang murah, para pemain yang datang dari balik Tembok Besar tersebut mulai mencuri pangsa pasar smartphone global dari produsen senior seperti Samsung dan Apple.
Menurut penelitian Trendforce, enam dari sepuluh produsen smartphone terbesar di dunia berasal dari Cina. Mereka adalah Lenovo, Huawei, ZTE, TCL/Alcatel, Huawei dan Coolpad. Ini baru awalnya saja. Brand Cina lain seperti Gionee dan Oppo juga sedang bekerja keras untuk masuk ke rangking sepuluh besar.
Berikut ini 10 vendor Cina yang siap mendominasi pasar smartphone dunia, sebagaimana dikutip dari laman HotTopics, Kamis (29/1/15).

1. Alcatel / TCL

Photo credit : gadgets.ndtv.com
         Alcatel adalah perusahaan asal Perancis yang diakuisisi oleh produsen televisi Cina, TCL, di tahun 2013 lalu. Dengan lini produk murah OneTouch, Alcatel adalah pembuat ponsel terbesar nomor enam di dunia menurut survey Gartner. Saat ini, fokus bisnis utama Alcatel adalah menembus pasar Amerika Serikat dan Kanada

2. Coolpad

Photo credit : www.aliexpress.com
       Coolpad menduduki peringkat tujuh sebagai pembuat smartphone terbesar di dunia. Wara-wiri di dunia smartphone sejak tahun 1993, Coolpad gemar bekerja sama dengan operator seluler, seperti Smartfren di Indonesia, untuk memproduksi ponsel Android. Di Cina sendiri, Coolpad menguasai 11,5 persen pasar smartphone lokal.

3. Gionee

Photo credit : www.gadgettweet.com
       Gionee adalah nama yang sering disebut jika berbicara soal ponsel unik. Di tahun 2014 lalu, produk ponselnya, Elife S5.5 dan Elife S5.1, sempat memecahkan rekor ponsel tertipis di dunia (yang kemudian rekor tersebut direbut oleh Oppo dan Vivo). Meskipun hanya 25 juta unit ponsel yang ia jual setiap tahun, Gionee percaya ia akan masuk lima besar vendor smartphone dunia.

4. Huawei

Photo credit : tech4tea.com
       Beberapa tahun ke belakang, Huawei sempat berada di peringkat lima teratas smartphone dunia. Namun, sejak kehadiran Xiaomi, ia harus rela turun dari posisi prestisiusnya tersebut. Namun, hal itu tidak mematikan semangat Huawei. Tahun ini ia bahkan berencana untuk meningkatkan jumlah pengapalan smartphone-nya hingga tiga kali lipat menjadi lebih dari 100 juta unit.

5. Lenovo

Photo credit : shopap.lenovo.com
       Dikenal sebagai produsen PC, Lenovo mulai serius menekuni bisnis smartphone di tahun 2013 dan 2014. Keseriusannya tersebut terbukti dengan dibelinya Motorola dari Google dengan harga $2,9 miliar. Akuisisi ini melontarkan jumlah pengapalan perangkat hingga 38 persen dan menempatan Lenovo di peringkat keempat produsen smartphone terbesar dunia menurut data IDC.

6. OnePlus

Photo credit : thefusejoplin.com
       Setelah Xiaomi, OnePlus adalah pemain yang cukup “hot” di pasar smartphone dunia. Perusahaan tersebut menjanjikan inovasi lewat produknya, One, yang baru saja masuk ke pasar smartphone Indonesia. Dengan sistem operasi CyanogenMod yang menawarkan kebebasan tak terbatas bagi pengguna dan dengan hardware unggulan yang tertanam pada produknya dan harga yang cukup terjangkau, OnePlus merupakan ancaman serius bagi vendor smartphone lain di dunia.

7. Oppo

Photo credit : techview.me
       Dengan kehadiran ponsel super tipis R5 dan ponsel dengan kamera putar otomatisnya N3 di tahun 2014, sulit rasanya mengabaikan keberadaan Oppo di pasar smartphone. Vendor asal Cina tersebut berhasil mengapalkan 25 hingga 30 juta perangkat tahun lalu dan siap menggandakan jumlah tersebut di tahun 2015 ini. Negara padat penduduk seperti Indonesia, India dan Australia diharapkan dapat membantu Oppo memantapkan dominasinya di dunia.

8. Tecno

Photo credit : www.dignited.com
       Anda mungkin kurang familiar dengan nama Tecno, namun di Afrika sana perusahaan asal Cina ini berkuasa. Sebanyak 12,5 juta perangkat terjual sepanjang Benua Hitam setiap kuartalnya. Jumlah tersebut bahkan lebih dari Blackberry dan Nokia. Tidak menutup kemungkinan baginya untuk melakukan hal yang sama di benua lain.

9. Xiaomi

Photo credit : shopping.rediff.com
       Ada ungkapan dalam bahasa Inggris yang berbunyi: “everybody loves underdogs.” Tampaknya ungkapan ini cocok diterapkan kepada Xiaomi yang kini jadi bintang di dunia smartphone. Hanya dalam waktu dua tahun, Xiaomi berhasil menembus rangking lima besar yang menjadikannya setara dengan Apple dan Samsung. CEO Xiaomi Lei Jun bahkan berambisi untuk menjadikan perusahaannya nomor satu di dunia. Tahun ini, Xiaomi berencana mengapalkan 60 juta unit smartphone.

10. ZTE

       Di Amerika Serikat, ZTE cukup populer dengan gelarnya sebagai produsen smartphone terbesar keempat di wilayah tersebut. Perusahaan asal Cina ini terus mencoba melebarkan sayapnya di wilayah lain. Di Indonesia sendiri, ZTE mungkin belum se-booming Xiaomi. Namun hal tersebut bukan berarti tidak akan berubah. ZTE sendiri berencana untuk mengapalkan 60 juta unit smartphone di tahun ini, naik dari angka 48 juta unit di tahun lalu.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar