Senin, 07 Desember 2015

Peranan RAM pada Performa Smartphone

Photo Credit : Gadget+ News
       Hai Sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya Yogi di blog saya ini. Pada postingan saya yang kali ini, saya akan membagi informasi yang saya kutip dari website Gadget+ News. Yang akan dibahas adalah tentang Peranan RAM pada Performa Smartphone. Silahkan Membaca :D

       “Wah si brand A sekarang spesifikasinya sudah begini loh, dan harganya cuma sekian rupiah. Sementara smartphone B, spesifikasinya cuma segitu, tapi harganya segini”. Rasanya tidak jarang kita mendengar pernyataan seperti itu. Saat ini kita berada di era dimana spesifikasi merupakan sebuah hal utama, dan (agak) mengesampingkan performa secara keseluruhan, sehingga akhirnya tidak aneh pada akhirnya muncul pertanyaan seberapa penting peranan RAM di smartphone.

       Beberapa brand ternama berlomba-lomba meluncurkan smartphone dengan kapasitas RAM mencapai 4 GB. Padahal apabila kita melirik ke belakang, kapasitas ini sudah delapan kali lebih besar dari smartphone flagship beberapa tahun yang lalu. Namun yang menjadi pertanyaan terbesarnya adalah, benarkah RAM berkapasitas besar tersebut dibutuhkan? Atau itu hanya merupakan bagian dari kampanye para produsen untuk membuat kita percaya bahwa kita harus mengganti perangkat smartphone kita saat ini?

Apa peranan RAM?

    RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah memori yang menyimpan data pada ponsel saat sedang bekerja. Komponen yang juga digunakan oleh komputer ini memungkinkan untuk mengakses data pada storage berkecepatan rendah menjadi lebih cepat. Data kita sendiri tersimpan pada sebuah perangkat penyimpanan data yang bekerja secara berurutan. Pengaksesan secara berurutan ini membuat akses terhadap data tersebut menjadi lebih lambat. Di sinilah RAM berperan.

     Tempat penyimpanan data pada perangkat smartphone sebenarnya telah menggunakan format solid state berkecepatan tinggi. Lalu kenapa peranan RAM tetap penting? Alasannya sangat sederhana sebenarnya, karena kecepatan RAM masih jauh di atas tempat penyimpanan data. Sebagai perbandingan, sebuah perangkat smartphone flagship dapat menulis data pada kecepatan 11,22 MB/detik, sementara RAM dapat menulis data pada kecepatan 1.885 MB/detik. Hal ini memungkan sebuah perangkat ponsel untuk bereaksi cepat terhadap sebuah perintah, dan melakukan proses data yang banyak dalam waktu singkat.

       RAM juga penting untuk memungkinkan proses background dan pergantian antar app berjalan lancar tanpa lag atau delay. Proses background di sini adalah item yang bekerja pada ponsel yang tidak kita sadari dan tidak selalu kita gunakan secara aktif. Selain itu, RAM juga penting ketika kita menjalankan beberapa program sekaligus (multitasking), seperti mendengar musik namun disaat bersamaan tengah mengunduh data.

RAM atau Prosesor?

    Kami mendapat cukup banyak pertanyaan dari pembaca, yang mana yang harus diperhatikan ketika membeli smartphone baru. Memori RAM atau prosesor? Menjawab hal tersebut bukanlah hal yang mudah, karena keduanya memiliki peranan yang tidak kalah penting. Secara sederhana, prosesor yang cepat akan menghasilkan produk yang cepat dalam bekerja ketika membuka sebuah aplikasi atau ketika kita merespon sesuatu. Dan disisi lain, RAM yang lebih besar berarti multitasking yang lebih baik, berpindah aplikasi lebih lancar. Jadi tidak ada yang menjadi prioritas, karena keduanya sama-sama penting dan saling mendukung.

       Tapi tentu saja ada sedikit trik yang bisa dilakukan ketika kita ingin melihat mana yang lebih baik antara sebuah perangkat dengan yang lainnya. Apabila sebuah ponsel memiliki 8 GB RAM dengan prosesor single core, maka performanya akan di bawah perangkat dengan memori 2 GB RAM dan prosesor quad-core. Ketika kita membuka aplikasi berukuran besar dan di sisi lain ada data yang siap diproses, maka prosesor yang lebih pelan akan kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan cepat. Sama seperti halnya seorang yang super pintar mungkin akan kedodoran untuk menyelesaikan pekerjaan yang sangat banyak dibandingkan dengan empat orang pintar dengan porsi pekerjaan yang sama, namun kini dibagi empat.

Smartphone apa saja yang sudah menggunakan memory 4 GB RAM?

       Di tahun 2015, cukup banyak brand yang mengeluarkan perangkat smartphone mereka dengan kapasitas memori RAM mencapai 4GB, sebut saja Asus Zenfone 2, OnePlue 2, Samsung Galaxy Note 5, dan yang akan segera hadir di Tanah Air, OPPO R7s.

       Demikian dari Saya, semoga postingan saya yang satu ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk buka posting yang lain ya! Sampai jumpa sahabat blogger :D

Sumber : Gadget+ News dengan beberapa perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar