Rabu, 29 Juli 2015

4 Alasan Orang Melakukan JailBreak



        Hai sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya Yogi di blog saya ini. Pada postingan saya yang kali ini, saya akan membagi informasi yang saya kutip dari website Gadget+ News. Yang akan dibahas adalah tentang . Silahkan Membaca :D

        Jailbreak merupakan suatu kegiatan yang merubah software atau menghilangkan batasan dari iPhone dan iPad, yang merupakan produk Apple. Sahabat akan mampu melakukan lebih banyak hal pada kedua device Apple tersebut dengan melakukan Jailbreak.

        Tidak seperti perangkat berbasiskan Android, iPhone (atau iPad) hadir dengan kemampuan dan keterbatasan yang telah ditentukan oleh pihak Apple. Jika Sahabat bertanya, batasan seperti apa? Jawabannya adalah banyak. Salah satu contohnya adalah aplikasi yang tersedia dalam App Store hanya yang terpilih oleh Apple. Jangan berharap aplikasi yang tersedia dalam App Store setara dengan jumlah aplikasi di Google Play Store.


        Dengan ketentuan yang telah ditetapkan dari pihak Apple pada device-nya, maka timbulah orang-orang yang ingin melampaui batasan tersebut, yang dikenal dengan nama Jailbreaker. Mereka adalah para pengguna iPhone yang ingin menggunakan produk Apple dengan bebas. Tapi ingatlah, Jailbreak tidak sama dengan unlocking.

        Lalu, apa saja alasan orang menjadi Jailbreaker? Berikut jawabannya yang Tim Gadget+ kutip dari MacWorld, Senin (28/7/2015).

1. Keinginan Untuk Dapat Melakukan Apapun Dengan Device Apple



        Walau banyak pengguna iPhone yang telah senang dengan apa yang dihadirkan Apple, namun tidak sedikit pula yang merasa kurang atau bahkan tidak puas dengan kemampuan produk elegan tersebut.

        Orang-orang tersebut merasa jika Apple telah mengatur hidup mereka melalui sistem default pada iPhone. frustasi akan keterbatasan dari Apple adalah alasan utama kegiatan Jailbreak. Contohnya, Sahabat tidak bisa mengunduh file secara bebas melalui iPhone, Sahabat tidak bisa secara langsung mendownload musik atau video melalui iPhone, dan Sahabat tidak bisa mengganti browser default Sahabat dari Safari.

        Terdapat sebuah kalimat yang cukup menyakitkan bagi Sahabat para pengguna iPhone, "you can only do what Apple lets you do. Unless you jailbreak your iPhone, that is." yang artinya "Sahabat hanya dapat melakukan apa yang diperbolehkan oleh Apple untuk Sahabat lakukan. Kecuali Sahabat melakukan Jailbreak pada iPhone Sahabat"

2. Sahabat Dapat Mendownload Aplikasi dari Luar App Store

        Kembali, kebebasan yang hadir pada iPhone tidak sama dengan Android. Hal tersebut juga berdampak pada aplikasi yang tersedia di dalam App Store. Beberapa pengembang Aplikasi yang belum beruntung, harus merasakan gagal dalam memasarkan produk ciptaannya kepada para pengguna device Apple.

        Ribet dan begitu banyaknya syarat yang harus dipenuhi adalah alasan dibalik sedikitnya jumlah aplikasi yang tersedia. Terlebih, banyak aplikasi yang gratis pada Google Play Store, namun harus berbayar di App Store.

        Jumlah yang sedikit dan banyaknya aplikasi berbayar adalah alasan para Jailbreaker mengambil tindakan. Dengan melakukan Jailbreak, Sahabat diyakini mampu mengunduh aplikasi dan menginstalnya tanpa melalui App Store.

3. Sahabat Dapat Mengganti Default Aplikasi di iOS

 

        Ketergantungan terhadap aplikasi default yang ditentukan oleh Apple dirasa sebagai pembatasan yang parah oleh para Jailbreaker. Mereka merasa diatur hanya dalam mengakses ponsel mereka, dan itu adalah poin yang makin memperparah keinginan mereka dalam melakukan Jailbreak.

        Jika Sahabat merasa bingung, coba saja klik alamat suatu website atau URL dari aplikasi, halaman pastinya akan terbuka melalui Safari. Walau Sahabat memiliki browser alternatif, namun tidak dapat menjadikannya sebagai default browser.

4. Sahabat Dapat Menyesuaikan Tampilan iPhone Sesuai Keinginan

        Keterbatasanpun hadir pada penyesuaian tema dari tampilan iPhone. Jailbreaker merasa mereka mempunyai hak untuk menentukan sendiri tampilan Home ponsel mereka.

        Jailbreak akan memberikan akses yang lebih luas lagi kepada Sahabat dalam mengatur tampilan wajah iPhone. Jika Apple hanya akan memperbolehkan Sahabat mengganti wallpaper dari home atau lock screen, dengan Jailbreak Sahabat bahkan mampu mengganti tampilan dari icon-icon suatu aplikasi. Sahabat tidak akan merasa terjebak dengan tampilan membosankan dari wajah iPhone.

        Semoga postingan saya yang satu ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk buka posting yang lain ya! Sampai jumpa sahabat blogger :D


Sumber : Gadget+ News


Photo Credit : Gadget+ News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar