Minggu, 14 Desember 2014

Microsoft Flight Simulator X Kembali Dirilis



         Sebuah software simulasi terbang untuk hiburan dan edukasi  yang dibuat oleh Microsoft Game Studios, Microsoft Flight Simulator X (FSX), akan kembali dirilis oleh perusahaan distribusi digital Steam pada tanggal 18 Desember mendatang. Software simulasi terbang diperuntukkan bagi konsumsi umum yang dirilis pada tahun 2006 lalu ini disebut merupakan aplikasi simulasi terbang tersukses dari seluruh program serupa yang pernah ada.

         Produk Microsoft Flight Simulator X akan dirilis kembali dengan nama Microsoft Flight Simulator X: Steam Edition setelah sebelumnya pada tahun 2009 lalu, Microsoft Corporation menyatakan tidak akan meneruskan pengembangan sekuel simulasi terbang yang telah ada sejak tahun 1981 tersebut, yang kala itu bernama Flight Simulator 1.0. Tiga tahun kemudian, Microsoft kemudian menghentikan penyediaan support untuk FSX pada tahun 2012 dan beralih ke produk simulasi terbang terbaru rancangan Microsoft lainnya yang lebih disesuaikan bagi para pasar yang lebih luas dan lebih menitikberatkan pada aspek hiburan meski tidak sesukses sekuel Microsoft Flight Simulator, yakni Microsoft Flight.

Tidak Membawa Perubahan dan Perbaikan yang Berarti

        Namun lahir kembalinya Microsoft Flight Simulator X  tanggal 18 Desember 2014 mendatang, yang disebut sebagai salah satu software simulasi terbang dengan tingkat realisme yang tinggi ini, nyaris tanpa menawarkan perubahan yang signifikan dari pendahulunya. Microsoft Flight Simulator X Steam Edition yang akan dirilis pekan depan ini juga tidak menyentuh sejumlah permasalahan yang terdapat pada Microsoft Flight Simulator X edisi lama, seperti masalah pada pengkodean grafik dan optimalisasi sistem operasi Windows 64 bit.

        Meskipun demikian, Microsoft Flight Simulator X Steam Edition menawarkan fitur yang relevan dengan perkembangan digital saat ini seperti harmonisasi sistem operasi terbaru milik Microsoft; Windows 8.1, dan sejumlah pengembangan untuk multiplayer. Pengembang software Dovetail Games juga menjanjikan akan merilis sejumlah konten yang dapat diunduh untuk menawarkan sesuatu yang baru ke dalam Microsoft Flight Simulator X Steam Edition ini.

Walaupun Level Realisme Tinggi, Namun Bukan untuk Acuan dalam Operasi Penerbangan yang Sesungguhnya

        Meskipun Microsoft Flight Simulator X merupakan software simulasi terbang hiburan dan edukasi belaka yang digunakan melalui PC, program simulasi ini memiliki level realisme yang tidak tertandingi bahkan dibandingkan dengan software untuk konsumsi umum serupa saat ini, 8 tahun sejak pertama kali dirilis. software simulasi yang hingga hari ini masih didukung oleh puluhan pengembang pihak ketiga dalam membuat simulasi pesawat, bandara dan perangkat avionika untuk lebih meningkatkan tingkat realisme, Microsoft dan seluruh pengembang pihak ketiga dengan tegas menyatakan seluruh aspek dan sistem yang disimulasikan di dalam Microsoft Flight Simulator X ini tidak diperkenankan dan tidak valid digunakan sebagai acuan dalam operasional penerbangan sesungguhnya.

        Terlepas dari hal itu, para developer kerap melibatkan para praktisi penerbangan termasuk para pilot untuk memberi masukan dan rekomendasi data serta karakteristik sebuah simulasi yang dirancang guna memiliki tingkat realisme setinggi mungkin. Hampir seluruh aspek dasar mengenai penerbangan disajikan dalam software ini, mulai dari berbagai tipe pesawat komersial baik itu general aviation hingga jet komersial, hingga pesawat militer berikut pengoperasian perangkat avionika dan prosedur standar komunikasi ATC.

        Terus bertambahnya pengguna simulasi terbang ini berbuntut pada menjamurnya forum simulasi terbang di dunia maya  di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, yang memungkinkan interaksi antara anggota dalam berdikusi, sesi tutorial, mendesain simulasi pesawat atau bandara sendiri, bahkan pembahasan mengenai seputar dunia penerbangan sesungguhnya. Bahkan simulasi terbang ini sudah bisa dimainkan online yang sangat nyata seperti dunia penerbangan (pesawat ketika mendarat, lepas landas, dan berjalan di daratan / taxi dipandu oleh ATC). Bagi Flightsimmers tentu sudah tidak asing dengan nama Forum IVAO dan Vatsim.

Masih Terus Didukung oleh Developer

        Di antara perusahaan pengembang pihak ketiga yang paling berperan dalam memperpanjang usia platform ini di antaranya adalah Precision Manual Development Group (PMDG) yang telah melahirkan simulasi pesawat Boeing 737, 747, dan 777 dengan tingkat realisme tinggi, serta Aerosoft dengan produknya berupa simulasi bandara dengan presisi dan detil yang tinggi. Sedangkan untuk pengembang dalam negeri, BDOAviation telah merilis sejumlah simulasi bandara di Indonesia seperti Soekarno-Hatta International Airport, Juanda International Airport, serta King Abdul Aziz International Airport di Jeddah. Masih banyak developer lain yang ikut menjadi pengembang simulasi ini dan tetap mendukung simulasi ini hingga sekarang.

Sumber : Runway Aviation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar